15+ Contoh Teks Diskusi (Terbaru) | Bahasa Indonesia SMP Kelas IX Revisi K13

Bahasa Indonesia | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan kumpulan contoh teks diskusi dalam berbagai tema dalam mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IX revisi terbaru. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang contoh teks diskusi dalam berbagai tema dalam mata pelajaran bahasa Indonesia. Dan harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat memberikan dampak baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami dan membuat contoh teks diskusi dalam berbagai tema dalam mata pelajaran bahasa Indonesia yang diberikan oleh Bapak dan Ibu Guru di sekolah.

1. Teks Diskusi tentang Pacaran

15+ Contoh Teks Diskusi (Terbaru) | Bahasa Indonesia SMP Kelas IX Revisi K13

Pacaran di Masa Sekolah

Dari segi yang setuju pacaran biasanya mereka memperbolehkan pacaran karena ada yang bilang bahwa memang masa SMP SMA itu sudah memasuki masa yang mulai timbul rasa terhadap lawan jenis, sehingga sah-sah saja jika mereka pacaran.

Ada juga yang mengatakan karena untuk hiburan karena mungkin mereka memiliki kejenuhan atau kurangnya perhatian dari orang tua sehingga mereka berusaha mencari perhatian dari orang lain terutama dari lawan jenis.

Ada juga yang mengatakan bahwa ‘masak masa SMP SMA tidak punya pacar ? yang gengsi lah’ brarti dengan alasan seperti itu mereka pacaran hanya karena gengsi.

Sedangkan dari segi yang tidak setuju dengan pacaran di masa Sekolah biasanya mengatakan bahwa pacaran itu buruk, karena menimbulkan banyak hubungan seks bebas atau menghilangkan batas antara laki-laki dan perempuan.

Ada juga yang mengatakan bahwa pacaran itu menganggu pelajaran sehingga membuat kita tidak fokus sekolah. dan masih banyak alasan lain yang digunakan untuk melarang anak sekolah pacaran.

Dan dari segi yang tidak terlalu mementingkan pacaran mereka cenderung cuek dengan masalah ini, ada yang mengatakan bahwa sah-sah saja pacaran asal bisa mengatur waktu untuk belajar dan tetap fokus pada sekolah.

Dan ada juga yang mengatakan pacaran itu tidak selalu negatif, pacaran itu boleh saja asal tidak melakukan hal-hal yang buruk.

Oke banyak sekali timbul pertanyaan dengan realita yang seperti itu, sekarang jika kita ingin mengetahui pacaran itu boleh atau tidak kita harus melihat apa sih arti sebenarnya dari pacaran itu sendiri.. ?

Setelah baca di Wikipedia Secara hakikatnya Pacaran yaitu suatu hubungan antara dua orang yaitu laki-laki dan perempuan yang tujuan akhirnya adalah menuju jenjang yang lebih serius yaitu menikah. Disini yang harus digaris bawahi adalah tujuan akhir dari pacaran yaitu menikah.

Nah jika kita melihat dari pengertian pacaran sendiri yaitu untuk mengenal lawan jenis dengan tujuan akhirnya untuk pernikahan atau membangun sebuah keluarga.

Berarti ketika berpacaran kita harus siap untuk membangun sebuah rumah tangga, kita sudah mempersiapkan hal-hal seperti penghasilan, mental dan kesiapan untuk berumah tangga.

Lalu salahkah jika kita pacaran di masa Sekolah?

2. Teks Diskusi tentang Virus Corona

15+ Contoh Teks Diskusi (Terbaru) | Bahasa Indonesia SMP Kelas IX Revisi K13

Virus Corona

Banyak nya warga hampir di seluruh dunia yang terjangkit virus Corona . perlu ditangani dengan cepat tepatnya di negara negara yang paling parah.

Sejak dua minggu terakhir virus Corona lagi parah-parah nya, karena mungkin masih banyak warga yang tidak perduli terhadap himbauan pemerintah.

Disamping itu ada kesadaran masyarakat bahwa datangnya virus Corona sebab teguran Allah swt untuk menyadarkan umatnya. para warga diharapkan untuk tidak panik tetap tenang, dan tidak melakukan kegiatan di luar rumah yang tidak terlalu penting dan melakukan PHBS.

Virus Corona juga memberi manfaat bagi masyarakat yaitu bisa menjadikan teguran , dan juga masyarakat senantiasa ingat kepada allah swt, dan tidak lupa bersyukur.

Akan tetapi virus Corona di sisi lain banyak merugikan masyarakat seperti banyak masyarakat yang pengangguran karena di libur kan nya kerja. selain itu banyak warga yang meninggal dunia akibat virus Corona ini.

3. Teks Diskusi tentang Pergaulan Bebas

15+ Contoh Teks Diskusi (Terbaru) | Bahasa Indonesia SMP Kelas IX Revisi K13

Pergaulan Bebas

Pergaulan bebas didefinisikan sebagai melencengnya pergaulan seseorang karena melanggar norma-norma yang ada. Pergaulan bebas identik dengan bentuk pergaulan luar batas atau disebut juga pergaulan liar.

Pergaulan bebas memiliki dampak yang buruk dan sangat meresahkan. Bukan hanya orang tua saja, tetapi juga masyarakat sekitar.

Pergaulan bebas melanggar norma-norma yang ada yaitu norma agama, hukum, budaya, serta norma bermasyarakat.

Faktor penyebab maraknya pergaulan bebas di kalangan remaja ada 3 macam yaitu karena pengaruh lingkungan, perkembangan teknologi yang tidak disikapi dengan benar, dan faktor orang tua yang kurang memperhatikan anaknya.

Sebenarnya, pergaulan bebas adalah suatu kebutuhan hidup manusia. Karena manusia adalah makhluk sosial.

Pergaulan setiap individu itu harus dibebaskan dan itulah HAM, tidak boleh dibatasi, apalagi dengan melakukan diskriminasi. Karena hal tersebut telah melanggar HAM.

Jadi, pergaulan antar manusia seharusnya bebas, tetapi tetap mematuhi norma-norma yang ada.

4. Teks Diskusi tentang Kesehatan

15+ Contoh Teks Diskusi (Terbaru) | Bahasa Indonesia SMP Kelas IX Revisi K13

Minuman Teh

Kebiasaan meminum teh sudah dilakukan sejak dulu. Bahkan menjadi bagian dari tradisi. Biasanya teh disajikan ketika ada kunjungan tamu, atau bagian dari sarapan pagi dan untuk bersantai di malam hari.

Tanaman teh berasal asli dari Asia Tenggara. Aroma dan rasanya yang khas menjadikan minuman ini sangat digemari oleh semua golongan masyarakat. Minuman ini berkhasiat untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Terdapat beberapa kandungan aktif dalam teh sehingga menjadi bermanfaat bagi kesehatan, seperti polyphenols (10-25%) yang berfungsi sebagai antioksidan untuk mencegah berkembangnya sel kanker, vitamin C (150-250 mg%) dan vitamin E (25-70 mg%) yang dapat membantu untuk memperkuat daya tahan tubuh dan menjaga kesehatan jantung , ß-carotene (13-20%), caffein (45-50 mg%), dan fluor (0,1-4,2 mg/L) yang berfungsi membantu dalam mencegah tumbuhnya karies pada gigi serta memperkuat gigi.

Teh, dapat meningkatkan kesehatan jantung. Teh diklaim dapat melindungi tubuh dari penyakit kardiovaskular. Hal itu dibuktikan dalam sejumlah penelitian.

Kandungan antiinflamasi yang dimiliki membuat konsumsi teh dapat membantu meminimalisasi risiko peradangan yang membuat sirkulasi darah menjadi tak lancar. Konsumsi teh juga disebut dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol.

Sebuah studi menemukan, orang yang mengonsumsi tiga cangkir atau lebih teh hijau setiap hari mengalami penurunan risiko serangan jantung hingga 32 persen.

Tetapi dibalik manfaatnya yang banyak tersebut, kebiasaan minum teh yang tidak wajar mempunyai pengaruh yang tidak baik untuk kesehatan. Karena caffein yang terdapat di teh bisa menyebabkan proses penyerapan makanan menjadi terhambat.

Selain itu caffein memiliki sifat ketergantungan sehingga tubuh akan terasa tidak fit jika tidak mengkonsumsinya. Nah pada ibu menyusui, caffein mempengaruhi kelenjar ASI sehingga menghambat kelancaran dan ketersediaan ASI.

Zat caffein pada bayi zat ini dapat mengakibatkan usus bayi menjadi kejang. Kandungan mineral dalam teh juga mempunyai kecenderungan membantu terbentuknya batu ginjal.

Ada beberapa manfaat dari minum teh, namun terlalu banyak minum teh justru tidak baik. beberapa hal yang dapat terjadi ketika Anda terlalu banyak minum teh Mengurangi penyerapan zat besiTanin, senyawa organik yang ditemukan dalam tanaman seperti teh, dapat melekat pada makanan tertentu yang kaya zat besi, dan mencegah penyerapannya.

Meskipun kekurangan zat besi merupakan gejala umum di sebagian banyak orang, namun kelebihan tanin dapat memperburuknya. Menurut penelitian yang dilakukan di masa lalu, tanin teh lebih cenderung menghambat penyerapan zat besi yang berasal dari produk nabati. Yang berarti, jika Anda seorang vegetarian, Anda harus ekstra hati-hati.

Teh juga dapat meningkatkan kecemasan, stres, dan gelisah.Penelitian menunjukkan bahwa dosis kafein di bawah 200 mg per hari tidak mungkin menyebabkan kecemasan yang signifikan pada kebanyakan orang.

Jika Anda memperhatikan kebiasaan minum teh membuat Anda merasa gelisah atau gugup, itu bisa menjadi tanda Anda sudah terlalu banyak dan ingin jumlah asupan mengurangi untuk mengurangi gejala.

Anda juga dapat mempertimbangkan memilih teh herbal bebas kafein. Teh herbal tidak dianggap sebagai teh sejati karena tidak berasal dari tanaman Camellia sinensis . Sebagai gantinya, mereka dibuat dari berbagai bahan bebas kafein, seperti bunga, tumbuhan, dan buah.

5. Teks Diskusi tentang Teknologi

15+ Contoh Teks Diskusi (Terbaru) | Bahasa Indonesia SMP Kelas IX Revisi K13

Smartphone dan Anak

Keberadaan smartphone memang seakan sudah menjadi kebutuhan pada semua kalangan. Melalui alat ini setiap orang dapat berkomunikasi dengan sesamanya menjadi lebih mudah.

Kini pengguna smartphone bahkan tidak cuma terbatas hanya orang dewasa saja, tapi juga anak-anak. Namun sebetulnya hal tersebut masih menjadi perdebatan di kalangan masyarakat.

Beberapa orang yang merasa kurang setuju dengan penggunaan smartphone untuk anak-anak menilai jika teknologi ini akan berdampak buruk. Salah satunya konten dan fitur smartphone yang kurang berkualitas dapat merenggut masa bermain anak-anak.

Mereka akan cenderung pasif dan kurang mau bersosialisasi. Hingga saat dewasa akan timbul rasa ketergantungan pada smartphone.

Berbeda dengan yang justru menganggap smartphone punya dampak positif bagi perkembangan anak-anak. Misalnya mereka akan lebih terpacu untuk berkreasi.

Selain itu, bagi orang tua juga dapat mengurangi rasa cemas. Karena anak-anak dapat sewaktu-waktu dihubungi kapan dan dimanapun.

Fitur-fitur pada smartphone juga syarat akan metode pembelajaran yang mendukung kreativitas anak.

6. Teks Diskusi tentang Kebersihan

15+ Contoh Teks Diskusi (Terbaru) | Bahasa Indonesia SMP Kelas IX Revisi K13

Penanggulangan Sampah

Sudah sedari dulu semua beranggapan jika sampah memang sangat mengganggu. Hal tersebut karena sampah sendiri dapat mengakibatkan dampak buruk.

Misalnya banjir atau menyebabkan timbulnya penyakit. Di beberapa daerah masalah cara penanggulangan sampah menjadi bahasan terpenting. Hal ini juga cukup banyak menjadi perdebatan sejak dulu.

Menurut banyak orang, sampah adalah sesuatu yang sudah tidak dibutuhkan lagi. Oleh karena itu sudah sewajarnya jika sampah harus segera dimusnahkan dengan cara dibakar.

Namun berbeda dengan mereka pecinta alam. Membakar sampah hanya akan menimbulkan masalah baru. Asap hasil pembakaran justru akan membuat polusi udara, bahkan menipiskan lapisan ozon.

Untuk para penggiat dan aktivis lingkingan, penanggulangan sampah ini dapat dilakukan dengan sistem daur ulang atau biasa disebut dengan dekomposting. Caranya yaitu untuk sampah organic (daun, ranting, sisa buah, dan lain-lain) bisa dimanfaatkan ulang menjadi kompos.

Kemudian pada sampah nonorganic seperti bungkus plastik, dapat dilakukan daur ulang misalnya disulap menjadi kerajinan.

7. Teks Diskusi tentang Narkoba

15+ Contoh Teks Diskusi (Terbaru) | Bahasa Indonesia SMP Kelas IX Revisi K13

Narkoba

Beberapa waktu lalu sempat beredar berita yang cukup menggemparkan, yaitu penangkapan seorang penanam ganja yang bernama Fidelis Ari Sudarwoto.

Dirinya kedapatan menanam ganja di rumahnya dengan dalih untuk pengobatan istrinya. Istrinya menderita suatu penyakit yang belum bisa sembuh dengan berbagai metode pengobatan.

Akhirnya dari informasi luar, dirinya memutuskan menanam ganja walaupun pada akhirnya istrinya tetap meninggal.

Sejarah mengatakan jika ganja sebenarnya telah dijadikan obat oleh manusia setidaknya sejak 3000 tahun yang lalu. Bahkan fakta ini telah ditunjang oleh beberapa penelitian.

Hasil studi juga banyak yang menunjukkan jika ganja dapat menjadi alternatif pengobatan di dunia medis. Diantaranya sebagai penghilang rasa sakit, menghilangkan stress, dan masih banyak lagi.

Di balik itu semua, ada juga kalangan yang menentang keras argument tersebut. Sebagian besar dari mereka malah menganggap jika ganja termasuk narkoba yang sangat berbahaya jika digunakan.

Fakta ini juga diperkuat oleh beberapa studi. Hasil dari studi tersebut menyebutkan jika pemakaian ganja dapat menimbulkan kerusakan mental, maupun pemicu penyakit kanker.

Dari banyak studi yang dilakukan memberikan hasil jika pemakaian ganja pada manusia memang punya dampak positif sekaligus negatif. Terutama dalam hal kesehatan tubuh.

Walaupun bisa dikatakan ganja dapat memberikan manfaat misalnya untuk kepentingan medis, namun bukan berarti penggunaannya bisa dilegalkan.

Hal tersebut karena sudah jelas bertentangan dengan undang-undang di Indonesia.

8. Teks Diskusi tentang Internet

15+ Contoh Teks Diskusi (Terbaru) | Bahasa Indonesia SMP Kelas IX Revisi K13

Internet dan Dunia Pendidikan

Adanya internet memang sangat membawa keuntungan terutama untuk kehidupan masyarakat saat ini. Kemudahan untuk memperoleh informasi apapun baik positif maupun negatif bisa diperoleh melalui teknologi internet.

Semua bisa merasakan manfaat tersebut termasuk kalangan pelajar. Bagi pelajar internet juga punya dampak positif juga negatif.

Untuk dampak positifnya, dengan internet para pelajar dapat memperoleh banyak ilmu yang bisa dipelajari.

Kebayakan tugas sekolah saat ini memang bisa dikerjakan dengan mengandalkan internet. Hal tersebut sudah tidak mampu dipungkiri lagi.

Namun yang harus dilakukan agar pelajar menggunakannya secara lebih bijak.

Dibalik itu, internet juga bisa berdampak buruk untuk para pelajar misalnya konten pornografi. Situs-situs pornografi semakin mudah ditemukan di laman internet.

Dampak dari situs ini tidak juga akan mempengaruhi pengguna internet dewasa, namun juga kalangan pelajar. Karena situs ini juga diduga banyak dikunjungi pelajar yang rata-rata masih di bawah umur.

Oleh karena itu adanya himbauan bagi semua pihak untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Khususnya bagi para orang tua maupun guru untuk bekerja sama mencegah dampak negatif yang bisa ditimbulkan oleh internet.

Misalnya mengawasi anak-anak didik mereka untuk memilih konten internet yang berkualitas.

9. Teks Diskusi tentang Virus Corona

15+ Contoh Teks Diskusi (Terbaru) | Bahasa Indonesia SMP Kelas IX Revisi K13

Covid-19

Dengan meningkatnya kasus coronavirus, perburuan obat perawatan coronavirus yang efektif masih berlangsung. Dari semua pilihan pengobatan yang sedang didekati saat ini, Hydroxychloroquine banyak digunakan di negara-negara yang terkena coronavirus.

HCQ muncul sebagai salah satu obat yang paling mudah tersedia. Sayangnya banyak sekali perdebatan besar mengenai kemampuan kerja dan kemanjuran dari Hydrochloroquine untuk pengobatan virus corona ini.

HCQ dipandang sebagai salah satu obat yang paling menjanjikan sejak kasus-kasus mulai meningkat. Sebagai obat anti-malaria, HCQ adalah obat oral anti-virus, yang telah digunakan selama bertahun-tahun untuk mengobati penyakit autoimun, termasuk rheumatoid arthritis juga.

Namun WHO menghentikan uji coba HCQ karena efek sampingnya pada pasien COVID-19 cukup tinggi. Terlihat bahwa pasien yang menerima obat HCQ mempunyai tingkat kematian yang lebih tinggi daripada yang tidak diberikan HCQ.

Terlepas dari ini, perdebatan kuat tentang penggunaan HCQ telah berpusat di sekitar dosis dan penggunaan yang tidak tepat. Selain komplikasi jantung, aritmia, dan masalah jantung, obat ini telah diketahui memicu efek samping seperti sakit kepala, pusing, kram perut, mual, pembengkakan, hingga gangguan penglihatan.

10. Teks Diskusi tentang Kemajuan Teknologi

15+ Contoh Teks Diskusi (Terbaru) | Bahasa Indonesia SMP Kelas IX Revisi K13

Sosial Media Lawan atau Kawan?

Pada umunya sosial media digunakan oleh remaja untuk membicarakan tentang kehidupan mereka, juga berbicara tentang apa yang mereka lakukan sehari-hari. Bahkan mereka menunjukan eksistensi diri lewat jejaring sosial untuk mengatakan di mana mereka pergi atau tempat-tempat yang mereka sukai untuk didatangi. Namun tidak semua remaja seperti itu, karena banyak remaja yang menggunakan jejaring sosial untuk mengkritik, berdiskusi atau untuk menemukan suatu peluang bisnis baru.

Remaja saat ini tumbuh dengan di zaman internet. Tetapi, apakah hal ini akan berdampak ketika mereka dewasa nanti? Lewat jejaring sosial, orang dapat saling berkomunikasi wakaupun jaraknya jauh. Mereka dapat memberikan data privasi mereka, nomer telepon, alamat, bahkan data keluarga serta hal lain yang seharusnya tidak di ekspos. Siapapu langsung dapat berkenalan, meskipun tanpa mengetahui latak belakangnya. Celakanya lagi, berbagai pemahaman dapat dengan mudah masuk ke remaja bila tidak ada filter yang kuat di kehidupan remaja tersebut.

Banyak contoh yang terjadi di masyarakat. Penggunaan jejaring sosial biasanya mengarah ke pertemuan. Bila dirasiokan 3 dari 10 akan mengalami stres atau perlakuan asusila. Selain itu, perilaku mereka juga berubah dalam kehidupan nyata, julukan-juluakan serta nama nickname yang digunakan oleh remaja bisa mengakibatkan duplikasi kepribadian.

Perubahan kepribadian akan terajadi sesuai keinginan mereka dalam sikap, tergantung kepada siapa mereka berbicara. Kejahatan yang terjadi akibat terlalu banyaknya informasi yang dibagikan di sosial media. Alamat, telepon, foto-foto, semuanya ditayangkan di kolom profil tanpa adanya batas untuk melihat semua informasi tersebut. Seorang remaja di amerika kemasukan perampok di dalam rumah hanya karena menulis status di sosial media. “Dirumah lagi sendiri, Orang tua keluar kota”

Kita tidak boleh menyalahkan sosial media, karena semua kembali kepada penggunanya. Jejaring sosial juga mungkin terbukti menjadi penyelamat. Ada 7 kasus di mana sosial media telah menyelamatkan nyama manusia. Satu contoh adalah kasus remaja mencoba bunuh diri.

“Pada musim semi 2009, seorang remaja inggris menulis di sosial media ke seorang temanya bahwa ia akan bunuh diri. Pacar dan ibunya segera diberitahu. Ibunya lalu menelepon polisi setempat, yang mengirimkan sebuah tim sehingga remaha tersebut gagal bunuh diri.”

Hal ini menunjukan bahwa adanya sosial media sangat berpengaruh baik atau buruk bagi remaja. Namun, lingkungan sosial-nya yang sangat berpengaruh terhadap perkembangan dan perilaku individu. Jadi, jaringan sosial berbahaya untuk beberapa remaja tapi tidak bagi yang lain, semuanya tergantung pada kepribadian remaja itu sendiri.

11. Teks Diskusi tentang Perkembangan Teknologi

15+ Contoh Teks Diskusi (Terbaru) | Bahasa Indonesia SMP Kelas IX Revisi K13

Smartphone

Smartphone merupakan teknologi canggih yang memungkinkan kita untuk berkomunikasi baik secara audio maupun visual. Karena dianggap dapat memudahkan segala aktivitas, smartphone akhhirnya digunakan banyak kalangan orang termasuk anak-anak. Namun pada dasarnya memberikan ijin pada anak-anak untuk menggunakan smartphone masih menjadi bahan perdebatan di berbagai kalangan masyarakat.

Pihak yang tidak setuju penggunaan smartphone oleh anak-anak berpendapat bahwa sartphone akan merenggut masa kanak-kanak mereka dengan konten dan fitur-fitur smartphone. Sehingga anak-anak akan lupa untuk bersosialisasi dengan lingkungan sekitar mereka. Dengan munculnya smartphone anak-anak akan lebih terpaku pada permainan layar dan melupakan kesenangan mereka semasa kecil, hingga mereka menginjak remaja pun mereka akan selalu memiliki rasa ketergantungan terhadap smartphone.

Namun bagi mereka yang setuju, smartphone dianggap akan membantu anak-anak dalam mengembangkan kreativitasnya. Selain itu dari segi orang tua, mereka akan lebih mudah untuk mengawasi dan menghubungi anak mereka kapan saja dan dimana saja. Penggunaan smartphone diangga dapat mencerdaskan anak-anak karena smartphone mengandung fitur-fitur untuk menunjang pembelajaran.

Berdasarkan kedua pendapat diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan smartphone untuk anak-anak masih menjadi berdebatan tersendiri di kalangan orangtua. Maka dari itu sebagai orang tua hendaknya kita dapat memilah dan memilih dampak dampak smartphone terhadap anak kita.

12. Teks Diskusi tentang Pendidikan

15+ Contoh Teks Diskusi (Terbaru) | Bahasa Indonesia SMP Kelas IX Revisi K13

Internet sebagai Media Pembelajaran

Internet merupakan suatu jaringan yang dapat dipakai untuk menghubungkan komputer satu dengan komputer yang lainnya dengan memakai suatu sistem. Dengan adanya internet, seluruh pekerjaan seakan-akan cepat dan mudah untuk dikerjakan.

Di dalam dunia pendidikan, internet menjadi suatu dilema dalam penggunaannya.Dampak positif dan negatif yang ditimbulkan oleh internet membuat orang tua dan juga para guru menjadi lebih protektif dalam memantau pemakaian internet.

Sebagai masyarakat atau orang tua beranggapan bahwa pemakaian internet dalam proses pembelajaran akan menganggu proses pembelajaran itu sendiri. Dan juga pemakaian internet dengan mempergunakan handphone lebih memudahkan anak untuk bisa mengakses situs yang tidak diinginkan. Situs yang tidak sesuai dengan usia mereka sudah banyak beredar di internet, sehingga membuat orang tua khawatir akan psikologi anaknya.

Media sosial yang menimbulkan anak kecanduan untuk memegang handphone menjadi alasan kuat yang menjadikan kekhawatiran orang tua semakin meningkat.Dengan pemakaian internet, seluruh sosial media dan situs yang diaksesnya menjadikan anak cenderung apatis, cuek dengan lingkungan sekitar dan tidak mau bersosialisasi.

Penggunaan internet dalam suatu pembelajaran memang telah menjadi suatu hal yang pro dan kontra di kalangan masyarakat.Walaupun terdapat dampak negatifnya, internet pun mempunyai dampak positif yang bermanfaat untuk pembelajaran siswa baik di rumah ataupun di sekolah. Namun, baik guru maupun orang tua harus memberikan arahan dan juga lebih mengontrol penggunaan internet oleh anak.

Peranan guru, orang tua dan juga masyarakat menjadi sangat penting untuk memberikan arahan dalam penggunaan internet secara bijak. Penggunaan secara baik dan benar akan menjadikan internet bermanfaat secara maksimal dan meminimalisir dampak negatifnya.

13. Teks Diskusi tentang Kesehatan

15+ Contoh Teks Diskusi (Terbaru) | Bahasa Indonesia SMP Kelas IX Revisi K13

Pentingnya Menjaga Kebersihan

Sampah merupakan satu hal yang dianggap sangat meresahkan karena memberikan dampak buruk pada lingkungan. Sampah yang menumpuk umumnya dapat menyebabkan berbagai penyakit hingga menyebabkan banjir. Dalam beberapa kasus, cara menanggulangi sampah dianggap menjadi permasalahan yang penting di beberapa daerah tertentu. Sebenarnya pemecahan masalah tentang sampah sudah menjadi perdebatan sejak dulu.

Banyak orang beranggapan bahwa sampah adalah sesuatu yang tidak dibutuhkan lagi, maka dari itu sampah harusnya dimusnahkan dengan cara di bakar. Namun bagi mereka yang mencintai alam, cara ini dianggap bukan sebagai solusi melainkan sebagai sebuah bencana baru. Sampah-sampah yang dibakar akan menghasilakan polusi udara berupa bau yang tidak sedap dan asap pembakaran yang dapat menipiskan lapisan ozon.

Umumnya orang yang mencintai lingkungan akan lebih memilih penyelesaian berupa dekomposting dan daur ulang. Sebagai contoh sampah organik seperti daun kering, batang pohon dan sebagainya dapat dijadikan sebagai pupuk kompos melalui proses dekomposting. Sedangkan sampah non-organik yang memang tidakd dapat mengalami pembusukan dapat dilakukan daur ulang.

Pada dasarnya sampah dapat diolah dan dimanfaatkan kembali. Pengolahan dan penanganan sampah yang ramah lingkungan adalah cara paling tepat dan sesuai untuk menyelesaikan perasalahan sampah yang ada.

14. Teks Diskusi tentang Politik

15+ Contoh Teks Diskusi (Terbaru) | Bahasa Indonesia SMP Kelas IX Revisi K13

Politik

Politik merupakan salah satu hal yang sangat penting mengingat di tahun ini adalah tahun Pemilu. Tradisi Pemilihan Umum (Pemilu) yang sedianya dilakukan 4 tahun sekali akan diadakan serentak di seluruh Indonesia pada tahun ini mengingat tahun ini merupakan tahun ke-empat yang menandai berakhirnya masa kepemimpinan seorang pemimpin negara. Untuk itu perlu dilakukan evaluasi berbagai media tentang sepak terjang media dalam pemberitaan dunia politik.

Senin, 14 april 2014 bertempat di Ruang Rapat Lantai 4 Gedung Mikael Unika Soegijapranata Semarang diadakan diskusi publik dengan tema “Evaluasi Sajian Politik Media di Tahun Politik”. Dalam diskusi publik tersebut dihadirkan sejumlah pembicara dari media yaitu, Wisnu T. Hanggoro dari Program Manager of Southeast Asian Press Alliance, Budi Setyo Purnomo selaku ketua dari Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Jawa Tengah (KPID), Girindra dari Aliansi Jurnalis Independen (AJI) dan Gunawan Permadi dari Koran Harian Suara merdeka.

Dalam diskusi publik yang sebagian dihadiri oleh sejumlah mahasiswa dari Fakultas Hukum Progdi ilmu Komunikasi ini dijelaskan tentang media sebagai elemen pendukung dalam arah politik di Indonesia

 “Yang menjadi tantangan media di Asia tenggara sekarang adalah adanya intervensi pemilik media dan adanya pengabaian kode etik/professionalism.” Tutur Wisnu T. Hanggoro yang akrab disapa Pak Wisnu ini. Menurut beliau, Kasus Vivanews.com dan penggunaan acara TV untuk kampanye politik merupakan contoh dari intervensi pemilik media sedangkan keterlibatan Jurnalis dalam tim sukses politisi merupakan contoh dari pengabaian kode etik /professionalism.

Dalam pembawaan materi kedua yang dibawakan oleh Bapak Budi Setyo Purnomo juga dijelaskan tentang efek dari konglomerasi media terhadap netralitas lembaga penyiaran dalam Pemilu legislatif tahun 2014. Kemudian dalam pembawaan materi dari Media Harian Suara merdeka dan dari AJI dijelaskan tentang kondisi media di Tahun pemilu ini. Berbagai kondisi yang real maupun tugas dari seorang jurnalis juga dijelaskan dalam pemaparan pada diskusi publik ini.

Secara umum, media sangat menentukan sepak terjang para tokoh politik. Cara pengiklanan akan menentukan seberapa besar pamor seorang tokoh politik. Beruntung, Negara Indonesia memiliki kebebasan untuk berekspresi tetapi kebebasan itu tidak sepenuhnya diberikan kepada para pencari berita mengingat banyaknya kasus penganiayaan pada wartawan.

15. Teks Diskusi tentang Lingkungan

15+ Contoh Teks Diskusi (Terbaru) | Bahasa Indonesia SMP Kelas IX Revisi K13

Pengolahan Sampah

Menurut Peraturan Presiden Nomor 35 Tahun 2018 tentang Percepatan Pembangunan Instalasi Pengolah Sampah Menjadi Energi Listrik Berbasis Teknologi Ramah Lingkungan, yang dimaksud dengan Pembangkit Listrik Berbasis Sampah atau PLTSa adalah pengolah sampah menjadi energi listrik berbasis teknologi ramah lingkungan yang memenuhi baku mutu sesuai dengan ketentuan perundang-undangan dan dapat mengurangi volume sampah secara signifikan serta teruji.

Pembangunan PLTSa ini merupakan upaya pemerintah untuk mengubah sampah menjadi sumber energi, meningkatkan kualitas lingkungan serta untuk meningkatkan peran listrik nasional berbasis energi baru dan terbarukan. Selain itu, pengolahan sampah menjadi listrik ini juga merupakan upaya Indonesia untuk mengurangi emisi karbon sebagaimana yang telah disepakati dalam Konferensi Paris (COP21) pada akhir 2015.

Namun, upaya pemerintah untuk mengurangi jumlah volume sampah, emisi karbon, dan memanfaatkan besarnya energi yang dihasilkan dari proses pengolahan sampah menjadi energi listrik melalui pembangunan PLTSa tidak berjalan dengan mulus. Hingga kini masih terdapat pro dan kontra di tengah masyarakat mengenai pembangunan PLTSa ini.

Mereka berpendapat bahwa secara keseluruhan PLTsa membahayakan lingkungan dan nyawa manusia. Hal ini disebabkan PLTSa menggunakan incinerator yang dapat memperparah polusi udara dan menghasilkan zat beracun berupa dioxin yang dapat membahayakan sistem saraf dan menyebabkan kanker bagi masyarakat.

Selain itu, hal lain yang menjadi pertimbangan bahwa PLTSa tidak layak dioperasikan di Indonesia adalah tidak siapnya lahan, tidak adanya rencana induk persampahan, adanya prosedur kebijakan dan mekanisme lelang yang tidak transparan, biaya pembangunan dan beban tipping fee yang tinggi, dan pengalaman buruk yang terjadi di negara lain.

Dapat disimpulkan bahwa pembangunan PLTSa sebagai upaya pemerintah untuk mengurangi jumlah volume sampah, emisi karbon, dan memanfaatkan energi yang dihasilkan sebagai energi listrik memperoleh penolakan dari beberapa elemen masyarakat. Untuk itu, sebaiknya diadakan kajian yang lebih mendalam mengenai pembangunan PLTSa di Indonesia mengingat tidak semua negara berhasil memanfaatkan PLTSa sebagai salah satu sumber energi listrik.