Kumpulan 75+ Contoh Soal Memperagakan Gerak Tari sesuai Iringan Dilengkapi Kunci

Seni Budaya | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan kumpulan contoh soal memperagakan tari sesuai iringan dilengkapi dengan kunci jawaban dalam mata pelajaran seni budaya kelas VII revisi. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang contoh soal memperagakan tari sesuai iringan dilengkapi dengan kunci jawaban dalam mata pelajaran seni budaya.

Kumpulan 75+ Contoh Soal Memperagakan Gerak Tari sesuai Iringan Dilengkapi Kunci

Gambar: pixabay.com

1. Tari merupakan kesenian yang harus dilestarikan dari sejak zaman nenek moyang secara turun temurun dengan kebiasaan tertentu. Hal tersebut dapat digolongkan dalam jenis....

A. tari 

B. tari tradisi

C. tari klasik

D. tari tradisional

2. Tari terdiri dari tari tunggal, tari pasangan, dan tari massal. Tarian yang dibawakan oleh dua orang penari adalah ....

A. tari tunggal

B. tari kelompok

C. tari berpasangan

D. tari rampak

3. Sebuah pertunjukan tari akan terlihat indah dan tertata jika penari memahami posisi yang dibentuk dalam setiap ragam gerak. Penempatan posisi penari di atas panggung agar terlihat rapi dan tertata dengan baik disebut ....

A. pola lantai

B. pola garis

C. pola ritmik

D. pola dinamis

4. Sebuah tarian tidak akan terbentuk tanpa adanya proses pembuatan iringan tari dan gerak tari. Seniman tari yang membuat karya tari disebut....

A. koreografer

B. koreografi

C. komposer

D. komposisi

5. Tari Nusantara adalah tari yang berasal dari berbagai daerah. Tarian yang berasal dari daerah Nangro Aceh Darussalam, yaitu ....

A. tari Piring

B. tari Klasik

C. tari Zipin

D. tari Denok

6. Penari saat akan pentas harus memahami situasi dan kondisi panggung. Arena yang dilalui penari saat melakukan gerak tari disebut ....

A. ruang pameran

B. ruang pentas

C. ruang kostum

D. ruang studio

7. Ruang, waktu dan tenaga merupakan hal penting yang harus diperhatikan dalam praktik menari. Gerak fungsional seperti berjalan dari rumah menuju ke sekolah termasuk dalam elemen gerak ....

A. ruang

B. waktu

C. tenaga

D. maju

8. Penyajian seni tari ada beberapa macam jenis, yaitu tari tunggal, tari massal, dan tari kelompok. Berikut ini merupakan salah satu tarian yang termasuk dalama jenis tari tunggal, yaitu ....

A. Zipin

B. Gambyong

C. Salsa

D. Cha-cha

9. Seni tari selalu berkembang untuk dapat diterima masyarakat dengan mengangkat tema yang aktual atau terkini. Seni tari yang demikian disebut ....

A. klasik

B. kontemporer

C. tradisi

D. teater

10. Pertunjukan tari merupakan sajian tari yang mengungkapkan cerita atau peristiwa baik cerita secara utuh maupun sebagian petikan didalamnya terdapat struktur dramatis. Ada dua bentuk drama tari yaitu salah satunya adalah ....

A. sendratari

B. adegan tari

C. tari tunggal

D. tari berpasangan

11. Pola lantai yaitu garis imajinatif yang dilalui penari di atas panggung. Pola lantai dapat dibagi menjadi dua yaitu ....

A. pola lurus dan pola lengkung

B. pola lurus dan pola silang

C. pola silang dan pola lengkung

D. pola Transparan dan pola lurus

12. Tari dibedakan menjadi tiga yaitu tari tunggal, tari berpasangan dan tari massal. Tari masal adalah tari yang disajikan oleh ....

A. minimal 7 penari

C. minimal 8 penari

C. minimal 9 penari

D. minimal 10 penari

13. Secara umum pola lantai dapat dibagi menjadi dua pola garis besar, yaitu pola garis lurus dan pola garis lengkung. Berikut ini merupakan pola garis lurus, kecuali ....

A. pola spiral

B. pola lingkaran

C. pola vertikal

D. pola jangkar

14. Seni pertunjukan bertujuan untuk memperkenalkan karya kepada masyarakat untuk diapresiasikan. Kegiatan tersebut dikenal dengan nama ....

A. hiburan

B. pergelaran

C. pertunjukan

D. tontonan

15. Fungsi tari sebagai ritual, hiburan, pertunjukan dan komersial. Tari sebagai sarana untuk mencapai kepuasan penciptaan artistik merupakan fungsi tari yang berupa sarana ....

A. ritual

B. pertunjukan

C. hiburan

D. komersial

16. Pencipta Tari Yapong adalah ....

A. Gusmiati suid

B. Bagong Kussudiarja

C. I mario

D. Irawati Durban

17. Tokoh-tokoh pencipta tari kreasi dari Jawa Barat yaitu R. Tjetje Somantri, Enoch Atmadibrata, dan Nugraha Suradireja. Pencipta tari kreasi cendrawasih adalah ....

A. Huriah Adam

B. R. Tjetje Somantri

C. Enoch Atmadibrata

D. Gusmiati Sui

18. Jenis tari yang garapannya melepaskan diri dari pola-pola tradisi, baik dalam koreografi, musik, rias dan busana, maupun tata teknik pentasnya adalah ....

A. tari kreasi berpola tradisi

B. tari kreasi berpola nontradisi

C. tari tradisional

D. tari kontemporer

19. Tari yang penggabarannya diambil dari latar belakang cerita, legenda, dongeng dan mitos daerahnya disebut tari kreasi ....

A. berpola tradisi

B. berpola nontradisi

C. kontemporer

D. modern

20. Tata rias adalah salah satu pendukung pertunjukan tari. Jika seorang penari di beri riasa tari tradisional kerakyatan untuk putra maka nama rias tersebut adalah ....

A. rias cantik

B. rias lincah

C. rias lanyap

D. rias lucu

21. Perlengkapan seperti bokor dengan hiasan ornament daun kelapa yang masih muda (janur) dengan hiasan motif merupakan property dalam tari Bali adalah ….

A. Tor-tor

B. Ketuk tilu

C. Bedhaya

D. Pendet

22. Pada ragam tari Tradisional Sunda terdapat pembagian kepala, tangan dan kaki seperti dalam ragam gerak tari jawa. Ragam gerak adeg-adeg tengah merupakan bagian tari pada ....

A. tangan

B. lengan

C. kaki

D. kepala

23. Watak halus dan luruh memerlukan suasana senang yang melambungkan kehalusan jiwa. Hal ini merupkan fungsi iringan music dalam tari, yaitu ....

A. menghidupkan karakter dan peran

B. memberi ilusi atau gambaran suasana

C. membantu mempertegas ekspresi gerak

D. memberikan dorongan semangat

24. Agar sebuah pementasan tari dapat berjalan dengan baik, teratur, dan sesuai dengan porsinya, alangkah baiknya yang harus disusun terlebih dahulu adalah....

A. busana

B. acara pementasan

C. panggung

D. sarana transportasi

25. Perlengkapan tari dari tata busana, tata rias, tata panggung, tata gerak memiliki fungsi tersendiri. dibawah adalah fungsi tata busana, kecuali....

A. menambah keindahan penampilan

B. memberi fasilitas dan membantu gerak penari

C. membedakan masing-masing tokoh atau peran

D. memperlihatkan kelemahan penari di dalam perannya

26. Ragam gerak tari dibagi menjadi tiga yaitu ragam gerak kepala, tangan, dan kaki. Dibawah merupakan ragam gerak tangan, kecuali ....

A. sila

B. seblak

C. ukel

D. baya mangap

27. Ragam-ragam gerak tari ada beberapa macam salah satunya adalah tangan. Gerakan tangan dengan memutar pergelangan tangan berlawanan arah jarum jam, dengan posisi tangan ngithing adalah....

A. ngithing

B. nyempurit

C. ngrayung

D. ukel

28. Masing-masing tari mempunyai khas gerak yang berbeda. Gerak rampak, gerak lemah lembut, gerak tidak teratur dan sebagainya. Gedheg, pacak gulu merupakan gerak tari pada....

A. kaki

B. tangan 

C. tubuh

D. kepala

29. Musik pengiring dibedakan menjadi dua yaitu, musik internal dan musik eksternal. Berikut peragaan tari kreasi yang merupakan musik eksternal adalah ....

A. tepukan tangan

B. kaki yang dihentakan

C. petikan jari

D. suara gendang

30. Secara umum pola lantai dapat dibagi menjadi dua pola garis besar, yaitu pola garis lurus dan pola garis lengkung. Berikut ini merupakan pola garis lengkung, kecuali ....

A. pola spiral

B. pola lingkaran

C. pola vertikal

D. pola jangkar

31. Kostum dan properti adalah alat penunjang konsep sebuah tarian, jadi harus disesuaikan dengan konsep yang diambil. Properti yang biasa dipakai oleh tari topeng adalah ....

A. caping

B. kacamata

C. topeng

D. jarik

32. Pola lantai dapat juga dilakukan dengan cara mengombinasi antara garis lurus dan garis lengkung. Tujuan dari kombinasi ini adalah ....

A. gerak tampak indah

B. gerak tampak dinamis

C. gerak tampak jelas

D. gerak tampak berpola

33. Pola lantai yaitu garis imajinatif yang dilalui penari di atas panggung. Pola lantai dapat dibagi menjadi dua yaitu ....

A. pola lurus dan pola lengkung

B. pola lurus dan pola silang

C. pola silang dan pola lengkung

D. pola Transparan dan pola lurus

34. Garis imajinatif sering dilakukan oleh kelompok tari diatas panggung. Garis imajinatif yang dilakukan penari diatas panggung merupakan pengertian dari ....

A. garis tari

B. pola lantai

C. garis imajiner

D. garis berpola

35. Unsur tari memiliki beberapa macam pendukung penting dalam pertunjukan tari agar terlihat indah. Unsur utama dalam sebuah tarian adalah ....

A. Gerak

B. Kostum

C. rias

D. iringan

36. Pola lantai yang biasa dipakai untuk pertunjukan tari klasik adalah ....

A. pola lingkaran

B. pola lengkung ular

C. pola setengan lingkaran

D. pola diagonal

37. Pola lantai yang biasa dipakai untuk pertunjukan tari kerakyatan adalah ....

A. pola horizontal

B. pola lengkung

C. pola V

D. pola T

38. Gerak dasar tari pada dasarnya dibagi menjadi tiga gerak inti. Berikut yang termasuk ke dalam gerak dasar tari, kecuali ....

A. mata

B. tangan

C. kaki

D. kepala

39. Salah satu sebuah pendukung suatu pertunjukan tari adalah busana. Berikut ini yang termasuk fungsi busana dalam tari, yaitu ....

A. menambah keindahan penampilan

B. memberi fasilitas dan membantu gerak

C. membedakan masing-masing peran atau tokoh

D. membantu menghidupkan suasana panggung

40. Watak alus atau luruh memerlukan suasana senang yang melambangkan kehalusan jiwa. Hal ini merupakan fungsi iringan musik dalam tari, yakni ....

A. memberi irama

B. memberi ilusi atau gambaran suasana

C. membantu mempertegas ekspresi gerak

D. memberikan dorongan semangat

41. Musik iringan tari bersifat bebas sesuai dengan sifat seni sendiri yang bebas. Meskipun bebas tetapi ada aturan yang harus ditaati, yaitu ....

A. rasa estetis

B. rasa ekspresi 

C. internal

D. eksternal

42. Sebuah tarian pasti menggunakan musik pengiring atau iringan tari. Fungsi dari iringan tari adalah, kecuali....

A. memberi irama

B. memberi ilusi

C. memberi efek

D. mempertegas ekspresi gerak

43. Iringan tari adalah salah satu peranan dalam pementasan. Ada dua macam iringan dalam tari, yaitu ....

A. iringan gamelan dan iringan angklung

B. iringan langsung dan tidak langsung

C. iringan internal dan unternal

D. iringan internal dan iringan eksternal

44. Segala peralatan yang ditata diatas panggung untuk membantu penyajian tari adalah ....

A. dance prop

B. dance pop

C. stage prop

D. stage pop

45. Properti dalam tari merupakan suatu kebutuhan dalam pertunjukan. Segala peralatan yang dipegang, dipakai atau dimainkan oleh seorang penari saat menari adalah ....

A. dance pop

B. dance modern

C. dance klasik

D. dance prop

46. Properti merupakan seluruh peralatan yang digunakan dalam sebuah pertunjukan tari. Berdasarkan pemanfaatannya, properti dibedakan menjadi dua, yaitu ....

A. dance pop dan stage prop

B. dance modern dan stage prop

C. dance prop dan stage prop

D. dance klasik dan stage prop

47.Tata rias tradisional kerakyatan yang dipakai untuk putri terdiri atas ....

A. rias gagah

B. rias tampan

C. rias alus

D. rias lanyap

48.Tata rias tari tradisional kerakyatan atau biasa disebut dengan tari daerah terbagi menjadi riasan untuk putri dan putra. Yang termasuk rias putra adalah ....

A. rias cantik

B rias lanyap

C. rias tampan

D. rias alus

49. Tujuan dari riasan dan busana tari adalah ....

A. mengacu pada pementasan

B. mengaju pada nilai

C. mengacu pada bentuk dan tema tari

D. mengacu pada estetis musik

50. Kesan yang timbul pada pola gari lurus adalah ....

A. lembut dan lemah

B. lembut dan kuat

C. sederhana dan kuat

D. sederhana dan lemah

51. Pada dasarnya pola lantai dibagi menjadi dua yaitu ....

A. pola garis lurus dan melingkar

B. pola garis V dan T

C. pola garis lurus dan lengkung

D. pola garis legkung dan berjajar

52. Pengertian penempatan posisi penari di atas panggung agar terlihat rapi dan tertata dengan baik atau garis imajinatif yang dilakukan penari di atas panggung adalah ....

A. pola lantai

B. pola gerak

C. pola iringan

D. pola ruang

53. Pengertian dari tari yang berkembang di daerah tertentu yang berpijak dan berpedoman luas pada adaptasi kebiasaan turun-temurun serta dianut oleh masyarakat pemilik tari tersebut adalah ....

A. Tari Klasik

B. Tari Tradisi

C. Tari Kerakyatan

D. Tari Tradisional

54. Tarian yang dimainkan dengan musik internal berupa tepukan tangan, tepuk dada, dan paha, serta bernyanyi merupakan sebuah tarian dengan nama ....

A. Tari Jaipong

B. Tari Saman

C. Tari Jaranan

D. Tari Gambyong

55. Perlengkapan yang dipakai Tari Pendet dari Bali dengan hiasan ornamen daun kelapa yang masih muda dengan hiasan motif adalah ....

A. topeng

B. pedang

C. tameng

D. bokor

56. Pengaturan secara keseluruhan busana yang harus dipakai sesuai dengan peran yang dibawakan adalah pengertian dari....

A. tata rias

B. tata busana

C. tata pentas

D. tata panggung

57. Berikut yang termasuk rias putri yaitu.... 

A. rias alu

B. rias gagah

C. rias tampan

D. rias lincah

58. Busana yang digunakan dalam tari akan selalu mengacu pada....

A. keinginan penonton

B. bentuk dan tema tari

C. kesesuaian harga tiket

D. kemungkinan pesan yang disampaikan

59. Penataan cahaya yang tepat akan semakin menampilkan....

A. karakter dan isi dari tarian

B. pesan pencipta gerak

C. penataan busana

D. panggung yang gemerlap

60. Ada perbedaan dari pentas tari dan pentas musik teater. pentas tari tidak menggunakan....

A. musik

B. panggung

C. busana

D. property-set

61. Setiap penari menarikan sebuah gerakan yang berbeda dan pola lantai yang berbeda dalam satu kelompok. hal ini merupakan teknik dasar tari berkelompok dengan....

A. pola serempak

B. pola berimbang

C`. pola terpecah

D. pola selang-seling

62. setiap penari memiliki gerak dan pola lantai yang berbeda satu sama lain sehingga memberikan kesanisolasi terhadap masing-masing penari. hal ini merupakan teknik dasar tari berkelompok dengan....

A. pola serempak

B. pola berimbang

C. pola terpecah

D. pola selang-seling

63. Ketika beberapa penari menggunakan pola V, hal itu akan memberikan kesan....

A. formal

B. manis

C. spiritual

D. lembut

64. Ketika beberapa penari menggunakan pola setengah lingkaran, hal itu akan memberikan kesan....

A. formal

B. manis

C. spiritual

D. lembut

65. ketika beberapa penari menggunakan pola sejajar dan diagonal, hal itu akan memberikan kesan....

A. formal

B. manis

C. spiritual

D. lembut

66. formasi penari berbentuk diagonal dan horizontal termasuk ke dalam pola....

A. bebas

B. garis lurus

C. melengkung

D. setengah lingkaran

67. Formasi penari berbentuk setengah bola dan angka delapan termasuk ke dalam pola....

A. bebas

B. garis lurus

C. melengkung

D. setengah lingkaran

68. Formasi penari berbentuk segitiga dan zig-zag termasuk ke dalam pola....

A. bebas

B. garis lurus

C. melengkung

D. setengah lingkaran

69. Gerakan seorang penari yang berjinjit dan melompat termasuk ke dalam level....

A. tinggi

B. rendah 

C. sedang

D. biasa

70. Hal yang berhubungan dengan tinggi rendahnya penari pada saat melakukan gerakan tari disebut ....

A. pola lantai

B. level

C. ruang

D. irama

71. Unsur utama dalam sebuah tarian adalah ....

A. Tenaga

B. Gerak

C. Tubuh

D. Ruang

72. Pola lantai terbagi menjadi dua, yaitu ....

A. Garis luas dan sempit

B. Garis luar dan dalam

C. Garis lurus dan lengkung

D. Garis sejajar dan lingkaran

73. Pola lantai garis lurus dipakai untuk memperoleh kesan ....

A. Kokoh, halus, lembut

B. Kuat, lembut, sejajar

C. Gagah, kuat, halus

D. Kuat, tegas, kokoh

74. Iringan musik tari berdasarkan sumber suaranya dibedakan menjadi dua, yaitu ....

A. Musik alam dam musik natural

B. Musik internal dan musik eksternal

C. Musik gamelan dan musik modern

D. Musik indoor dan outdoor

75. Bentuk penyajian tari yang terdiri lebih dari 3 orang disebut....

A. Tari masal

B. Tari berpasangan

C. Tari tunggal

D. Tari kelompok